Dua gelas penuh susu sehari adalah pelengkap yang baik untuk diet seimbang untuk orang dewasa. Susu adalah makanan pertama yang kita konsumsi ketika kita lahir ke dunia ini, sebagian besar dalam bentuk ASI ibu kita yang super bergizi dan protektif. Sebagai anak-anak, kita sering disuruh meminum susu kita – biasanya susu sapi dari karton – agar memiliki tulang yang kuat dan sehat.

Namun seiring bertambahnya usia, kita cenderung berhenti minum minuman bergizi ini, mungkin karena kita terlalu mengaitkannya dengan masa kanak-kanak dan ingin beralih ke minuman yang lebih “dewasa” seperti kopi dan teh.

Mengapa minum susu itu penting?

Susu tinggi kalsium memberikan berbagai manfaat kesehatan, terutama dalam meningkatkan kesehatan tulang kita karena menawarkan sumber kalsium yang kaya. Itu juga sarat dengan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan kita, seperti vitamin D, fosfor, vitamin B untuk lebih banyak energi, dan vitamin A untuk sistem kekebalan yang lebih kuat dan kulit yang lebih sehat.

Minuman lezat ini juga merupakan sumber protein yang penting, karena setiap gelas susu biasa mengandung hampir 8 gram protein, yang membantu membangun dan memperbaiki jaringan otot.

Berapa banyak susu yang harus saya minum?

Tidak ada aturan keras dan cepat mengenai berapa banyak susu yang harus dikonsumsi seseorang setiap hari, tetapi ketahuilah bahwa terlalu banyak sesuatu tidak dianjurkan. Tentu saja, bayi membutuhkan asupan ASI secara teratur karena itu adalah satu-satunya sumber nutrisi mereka, baik itu ASI atau susu formula. Untuk anak-anak di bawah 12 tahun, dua gelas susu 250ml sehari harus cukup untuk asupan kalsium, vitamin, dan protein yang baik. Demikian pula, untuk orang dewasa, dua gelas penuh susu sehari – sekali di pagi hari dan sekali sebelum tidur – akan memberikan jumlah nutrisi yang cukup Review

Apakah minum susu akan membuat saya gemuk?

Salah satu kesalahpahaman besar tentang susu adalah bahwa seseorang akan bertambah gemuk jika mereka mengkonsumsi susu secara teratur. Ini tidak benar karena manajemen berat badan turun ke total asupan kalori Anda dalam sehari. Jika Anda memperhatikan berat badan Anda, Anda dapat memilih untuk mengonsumsi susu rendah lemak atau susu skim, yang memiliki persentase lemak lebih rendah.

Apa yang harus saya perhatikan saat membeli susu?

Ada baiknya untuk selalu membaca label nutrisi makanan pada karton susu.Sekarang ada susu yang mengandung lebih banyak protein, lebih banyak kalsium, lebih sedikit lemak dan lebih sedikit laktosa, dibandingkan dengan susu biasa, dan juga diperkaya dengan vitamin esensial seperti vitamin A, B1, B3, B6, B12, C, D3 dan E, serta sebagai asam folat.

Vitamin D3 sangat penting untuk meningkatkan tingkat penyerapan kalsium dalam tubuh kita, dan harus dikonsumsi bersamaan dengan kalsium.

Bisakah susu menggantikan makanan lain dengan kalsium dan protein?

Susu tidak boleh digunakan sebagai pengganti atau pengganti makanan, melainkan melengkapi diet Anda sebagai bagian dari hidup sehat. Anda harus berusaha untuk mengonsumsi makanan seimbang yang terdiri dari protein utuh seperti ayam, ikan, telur, tempe, dan kacang-kacangan; karbohidrat yang baik seperti nasi, kentang dan oat; dan banyak sayuran berwarna-warni. Makanan ini memiliki nutrisi tambahan yang tidak dimiliki susu. Kita harus selalu mengkonsumsi makanan yang seimbang dan bervariasi, daripada hanya mengandalkan satu sumber makanan saja.

Bagaimana jika saya tidak suka rasa susu?

Jika Anda tidak menyukai rasa susu, Anda selalu dapat menggunakannya sebagai bahan dalam makanan Anda. Misalnya, coba tambahkan susu ke dalam sarapan Anda dengan membuat oatmeal semalaman atau puding chia, atau campurkan ke dalam smoothie, makanan panggang, atau bahkan sup.

Bagaimana jika saya tidak toleran laktosa?

Jika Anda tidak toleran laktosa, carilah susu yang mengandung lebih sedikit laktosa karena akan lebih mudah dicerna tubuh, dibandingkan dengan susu biasa. Anda juga dapat minum alternatif bebas laktosa, seperti susu kedelai, susu beras, susu almond, susu rami atau santan.

Bisakah saya hanya minum susu untuk sarapan?

Sekali lagi, susu tidak boleh digunakan untuk menggantikan makanan. Sarapan adalah waktu makan yang paling penting dalam sehari dan kita harus mengonsumsi makanan yang seimbang. Sarapan sehat yang sehat akan membuat metabolisme Anda terpompa, membuat Anda tetap berenergi dan membantu Anda membuat pilihan yang lebih sehat sepanjang hari. Jika Anda kesulitan menemukan waktu di pagi hari untuk menyiapkan sarapan, cobalah menyiapkan sarapan di malam sebelumnya. Anda mungkin ingin membuat oatmeal atau puding chia semalaman dan meminumnya keesokan harinya untuk sarapan.